Senin, 25 Januari 2016

Cara Membuat Kartu Nama,Undangan,Brosur menggunakan Ms. Office Publisher

Cara Membuat Kartu Nama menggunakan Ms. Office Publisher

Setiap hari kita berhubungan dengan promosi dan komunikasi, dan tentu saja baik itu di rumah mau pun kehidupan sehari - hari juga banyak melakukan kegiatan itu. misalnya, ulang tahun Anda, adik, atau pengumuman dan undangan yang bisa dibuat secara mandiri. Anda tidak perlu lagi memanggil profesional untuk membuat itu semua. dengan beberapa langkah mudah Anda dapat membuat sebuah publikasi layaknya desainer profesional. 
Microsoft office Publisher 2007 merupakan aplikasi untuk membuat berbagai macam kreasi desain percetakan pribadi, seperti kalender, kartu ucapan, kartu undangan, kartu pos, desain origami, form bisnis, banner, iklan, brosur, katalog, newslatter, desain e-mail, flyer, menu, sertifikat penghargaan, sign, label, resume, dan stationary perusahaan. Anda dapat belajar dengan mudah tentang desain publikasi dan sekaligus mengeksplorassi keunggulan fitur - fitur Microsoft office Publisher 2007.
Kapan pun Anda akan memulai menggunakan Publisher 2007, Anda akan disambut dengan Window Catalog. window catalog ini berisi berbagai macam template untuk berbagai macam tipe publikasi pula tentunya, seperti misalnya kartu nama (yang kali ini akan saya jelaskan nanti), brosur, kartu pos, dan masih banyak lagi. berikut bentuk atau gambar dari window catalog tersebut
gambar window catalog

Microsoft publisher 2007 memiliki ratusan template untuk lebih dari 25 macam atau tipe publikasi. nah sekarang saya akan mengajak Anda untuk langsung bekerja di Publisher 2007. tapi sebelumnya alangkah baiknya kalau kita memulai dari langkah pertama dengan bagaimana cara membuka aplikasinya.

pertama - tama kelik lah pada ikon Ms Office Publisher di destop atau all start dengan cara mengklik kiri dua kali pada mouse Anda atau klik kanan pilih open, seperti terterah pada gambar di bawah ini.


kemudian langkah selanjutnya, akan muncul gambar seperti di bawah ini, pada jendela "window catalog tersebut terdapat berbagai macam pilihan seperti yang sudah saya jelas kan di paragraf ketiga di atas. untuk membuat kartu nama maka Anda harus memilih tipe publikasi yang bernama business cards seperti yang terterah pada gambar di bawah dengan cara mengklik nya.

maka akan muncul jendelah seperti gambar di bawah, lihat disisi tengah disini terdapat berbagai macam bentuk dan desain dari tipe kartu nama tersebut dan tentukan lah pilhan Anda, setelah Anda menuntukan pilihan, misalnya Arrows adalah pilihan Anda maka klik lah ikon kartu nama Arrows tersebut.

maka akan muncul jendelah dialog seperti gambar di bawah ini, tampilan tersebut merupakan tampilan awal yang belum di apa - apakan, maka disini tugas Anda untuk berkreasi dimulai.


misalnya Anda telah membuat kartu namanya seperti terterah pada gambar di bawah ini.

jika merasa sudah lebih dari pada cukup, maka tinggal Anda mengesavenya atau juga langsung mencetaknya, lalu bagaimana cara melakukannya? berikut cara menyimpanya, arahkan kusor Anda ke menu bar yang terletak di atas lalu pilih lah file dan pilih lah save atau save as, tentukan lokasinya dan klik tombol save. untuk langkah mencetaknya, hampir sama cara menyimpan tadi, dengan cara klik file lalu pilih lah print seperti terterah pada gambar dibawah ini.
setalah Anda mengklik print maka akan muncul jendelah dialog print seperti gambar dibawah.


pada jendelah dialog print terdapat pengaturan atau setting berapa banyak jumlah kartu nama yang akan Anda cetak dalam satu halaman kertas tersebut, bisa Anda mengisinya sebanyak 10 jika kertas yang Anda pilih ukuran A4.

Cara Membuat  Undangan (Microsoft Publisher) 

1.Buka program Microsoft Office Publisher 2010
2.Di tab New pilih Invitation Cards
step2

3.Pilih dulu All Event(gambar folder)
step3

4.Pilih Template yang anda inginkan,lalu pilih Create
step4

5.Lalu silahkan edit sesuai kebutuhan anda
jadi

6.Selesai
Semoga Berhasil

 Langkah-Langkah Membuat Brosur di Microsoft Publisher

 .      Langkah Pertama


Untuk memulai pembuatan Brosur, langkah pertama buka Microsoft Publisher dengan cara klik Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Publisher – Enter.
Nanti akan keluar tampilan seperti ini :
Kemudian Klik Brochures – Enter


2.      Langkah Kedua

Selanjutnya pilih kategori brosur sesuai keinginan dan keperluan yang diinginkan. Pilih design yang menarik agar banyak peminat. Misalnya seperti contoh Tilt – Create.


Tampilan pada lembar kerja Microsoft Publisher :


Disini ada dua halaman, halaman pertama untuk brosur bagian luar dan halaman kedua untuk brosur halaman dalam. Brosur ini adalah halaman lipat 3, seperti brosur pada umumnya.
3.      Langkah Ketiga
Kosongkan kolom-kolom yang ada di slide brosur tersebut untuk mempermudah proses pengisian brosur.
Untuk slide pertama, seperti tampilan di bawah ini : 
 Untuk yang slide kedua kosongkan kolom-kolomnya, akan tetapi format desainnya biarkan seperti semula. Seperti contoh :
 

Agar kelihatan menarik, edit dan ubahlah tampilan dari pola yang telah ada. Untuk format desain pada slide kedua copy di slide pertama dan sesuaikan dengan besar brosur yang akan dibuat.

4.      Langkah Keempat
Buat semenarik mungkin dengan menambahkan tulisan, gambar, maupun tema-tema yang ada pada template brosur yang dipilih. Design yang menarik agar mengangkat minat pembaca.

Untuk memasukkan teks ke dalam slide brosur, caranya dengan Klik Draw Text Box – Enter.
Buatlah kotak sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk memasukkan gambar, caranya pun cukup mudah. Dengan cara Klik Insert – Picture – Pilih gambar yang akan dipakai – Lalu Tekan Insert.



Kemudian atur format gambar sesuai dengan keinginan, dengan cara Klik Gambar -  Nanti akan keluar Picture Tool – dan pilih format gambar yang diingankan.

5.      Langkah Kelima

Slide Pertama
Untuk slide pertama, masukkan butiran seperti sejarah instansi, tujuan instansi, struktur organisasi maupun nama-nama instansi beserta logo dari instansi yang akan dibuat tersebut. Atau bisa juga bisa diisi sesuai dengan kebutuhan brosur yang akan dibuat.
Contoh :

Setelah semua sudah terisi lengkap sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya yakni atur format design dengan cara Klik Page Desain –Schemes - Pilih tema yang diinginkan. 
Kemudian atur warna background semenarik mungkin, dengan cara Klik Page Desain - Background – Pilih sesuai keinginan masing-masing.


Contoh untuk tampilan pada slide pertama :



Slide Kedua
Langkah-langkahnya pun hampir sama dengan slide yang pertama hanya saja pada slide kedua ini tidak perlu mengubah tema lagi, karena tema yang dipilih di slide awal akan mengubah juga di slide kedua.
Untuk slide kedua ini, bisa diisi beberapa butiran seperti foto kegiatan instansi, fasilitas-fasilitas yang ada di instansi, serta visi dan misi yang ada di instansi tersebut. Atau bisa juga dikreasikan sesuai dengan kebutuhan brosur.
Seperti contoh :

Untuk mendesign lembar kerja brosur, caranya pun sama dengan slide pertama, dengan cara Klik Page Desain – Schemes – dan pilih sesuai selera masing-masing. 

Atur background semenarik mungkin untuk mendukung tampilan brosur yang akan dipromosikan dengan cara Klik Page Desain – Background – Dan pilih sesuai selera.


Seperti contoh tampilan pada slide kedua :


6.      Langkah Keenam
Langkah Keenam adalah langkah terakhir, yakni proses penyimpanan. Setelah semua tahap-tahap telah usai dan telah diperiksa kembali struktur, desain, dan tatanannya. Barulah kita simpan dengan cara Klik Save.

Hasil Akhir Brosurnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar